Warna Dinding dan Makna-Makna Psikologi di Dalamnya

Setiap warna yang ada di ruangan rumah Anda, dapat merepresentasikan kepribadian dari pemilik rumah. Itulah sebabnya Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih warna cat dinding. Pilihlah warna dengan bijak agar bisa menciptakan suasana rumah yang nyaman.

Sebagai prinsip dasar dalam memilih warna, Anda perlu membaginya menjadi tiga basic warna, yakni: aktif, pasif, dan netral. Anda dapat dengan mudah mengkombinasikan warna-warna tersebut sesuai dengan suasana hati yang Anda inginkan. Warna-warna terang akan membantu ruangan Anda untuk terlihat lebih luas dan segar. Sedangkan warna-warna yang cenderung lebih gelap, membuat ruangan Anda terasa lebih hangat dan intim.

Seperti dikutip dari laman frehome.com, berikut ini adalah daftar ulasan dari setiap warna yang bisa Anda aplikasikan di setiap ruangan rumah, diantaranya:

  1. Merah
    Warna ini bisa meningkatkan semangat dan adrenalin Anda. Pilihan yang tepat untuk diaplikasikan di ruang tamu atau ruang makan. Warna merah tersebut mampu menstimulasi percakapan Anda bersama teman-teman maupun pasangan Anda.
    Merah juga bisa memacu tekanan darah dan detak jantung Anda menjadi lebih cepat. Itulah mengapa, bagi Anda yang ingin tidur dalam keadaan nyaman dan santai, jangan menggunakan warna merah di dinding kamar Anda.
  2. Kuning
    Melambangkan keceriaan dan sifat-sifat yang optimistik. Dinding warna kuning juga mampu memacu semangat dan rasa bahagia yang berlebih. Dengan begitu, warna kuning bisa merangsang aktifitas pikiran dan mental
    Warna kuning adalah pilihan yang tepat untuk dinding dapur, ruang makan, dan kamar mandi. Di dinding yang ruangannya sempit, kuning bisa membuat ruangan Anda terlihat lebih luas. Tetapi meskipun begitu, warna kuning bukanlah pilihan yang tepat untuk ruang utama rumah Anda. Warna kuning yang Anda terapkan di ruangan luas, akan merepresentasikan rasa frustasi.
  3. Biru
    Warna biru mampu menurunkan intensitas emosional seseorang. Penelitian juga menunjukkan, biru mempunyai kecenderungan untuk merelaksasi tubuh. Itulah mengapa biru muda sering digunakan untuk warna dinding kamar tidur dan kamar mandi. Ruangan bernuansa biru muda juga turut mengesankan ruang Anda terasa lebih lapang.
    Proses relaksasi yang ditimbulkan oleh warna biru, membuatnya sangat cocok untuk ditempatkan di ruang keluarga, ruang tamu, atau dapur yang relatif lebih luas. Anda bisa menggunakan beberapa pilihan warna biru, seperti biru langit, biru turkis, atau biru laut. Kebalikannya, warna biru tua justru memberikan kesan kesedihan yang mendalam.
  4. Hijau
    Terkenal sebagai warna yang meneduhkan bagi mata. Mengkombinasikan dengan warna biru dan kuning muda, warna hijau bisa digunakan hampir di setiap jenis ruangan. Ketika Anda memakai warna tersebut di ruang tamu maupun ruang keluarga, warna hijau akan turut mendukung suasana kebersamaan yang hangat dan bersahabat.
  5. Netral (Hitam, Putih, Abu-abu, dan Cokelat)
    Warna netral terdiri dari hitam, putih, abu-abu, dan cokelat. Keempat warna tersebut punya keunggulan berupa fleksibilitas penempatan ruang. Tambahkan keempat warna tersebut pada beberapa bagian ruangan untuk menambahkan aksen-aksen tertentu.

Menambahkan sedikit sentuhan warna hitam di beberapa bagian ruangan, akan membantu memberikan kesan elegan, gagah, dan megah. Sedangkan warna putih, membantu ruangan Anda terlihat lebih bersih, terang, dan memberikan kesan suci.

Dari keempat warna dasar tersebut, setidaknya dapat membantu Anda untuk menentukan warna apa yang cocok diaplikasikan di setiap ruangan Anda. Jangan lupa untuk tetap merencanakan konsep warna dinding sebelum Anda benar-benar mengecatnya. Lakukan perencanaan berupa konsep dan estimasi anggaran. Melihat daftar harga cat yang terbaru, akan membantu Anda memilih kualitas cat yang sesuai dengan kebutuhan.