Tanda-Tanda Gejala Penyakit Disentri

Pada saat musim hujan seperti saat ini banyak sekali penyakit-penyakit yang mewabah dan menyerang terutama pada anak-anak dan balita. Salah satunya yaitu Penyakit Disentri, penyakit ini sering menyerang pada balita dan anak-anak. Gejala penyakit disentri memiliki kemiripan dengan gejala diare sehingga banyak orang yang salah mengartikan bahwa Penyakit Disentri adalah penyakit diare. Hal ini yang menyebabkan banyak orang yang sering terlambat dalam mengobati penyakit ini, padahal penyakit ini jika terlambat penanganan akan mengakibatkan kefatalan. Untuk itu dianjurkan supaya mengantisipasi Penyakit Disentri ini, seperti halnya kita dapat mempelajari bagaimana cara pencegahan dan apa yang menyebabkan timbulnya Penyakit Disentri ini. Berikut penjelasan dari kami mengenai penyakit Disentri.

Penyakit Disentri memiliki dua jenis yaitu disentri yang disebabkan oleh bakteri Shigella dan disentri yang disebabkan oleh Amoeba. Disentri akibat bakteri Shigela biasanya menyerang berbagai kalangan pada semua usia sedangkan disentri akibat Amoeba lebih serius daripada disentri bakteri Shigella. Awalnya Gejala Penyakit Disentri ditandai dengan diare yang mengandung lendir dan bercak darah, selain itu biasanya juga diikuti dengan rasa nyeri atau keram pada perut. Hal tersebut karena pada usus dan organ pencernaan sudah terinfeksi oleh bakteri, dan gejala ini umunya akan menyerang selama satu atau sampai tiga hari dan akan membaik dalam jangka seminggu.

Setelah mengetahui Gejala Penyakit Disentri tentu juga harus mengetahui bagaimana penanganan Penyakit Disentri ini dengan penanganan yang tepat maka akan lebih baik, diantaranya :

  • Pemberian Oralit.
    Obat ini diberikan guna untuk mencegah dehidrasi ketika penderita mengalami muntah dan buang air besar berkali-kali.
  • Obat Antibiotik
    Obat ini diberikan untuk mencegah berkembang biaknya bakteri yang sudah menyerang pada penderita.

Setelah pengobatan tentu harus mencegah timbulnya bakteri tersebut, berikut cara mencegah penyakit disentri :

  • Menjaga kebersihan lingkungan
    Membersihkan lingkungan mulai dengan membersihkan rumah dan perabotan rumah. Simpanlah perabotan rumah khususnya pada perabotan makan di tempat yang tidak terbuka agar tidak menjadi sarang kuman.
  • Menjaga kebersihan makanan dan minuman
    Menjaga makanan mulai dari proses memasak, mencuci dengan air mengalir, mengiris dengan pisau yang bersih dan memasak dengan matang dan simpan pada tempat yang tertutup. Begitu juga menjaga minuman yaitu supaya minum dengan air matang untuk menhindari bakteri tumbuh.
  • Menjaga kebersihan diri
    Mulai dari membiasakan mencuci tangan sebelum makan dengan memakai sabun, karena bakteri mudah tumbuh pada pada tangan yang kotor menggunakan Lifeboy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *