Newbie Parents? Selamat! Ini Dia Cara Menggendong Bayi yang Baru Lahir dengan Benar

cara menggendong bayi baru lahir

Ketika saat-saat pertama melahirkan anak pertama, mungkin bagi sebagian orang adalah momen yang takkan terlupakan, baik untuk bunda maupun ayah si bayi. Saat melihat si kecil untuk pertama kalinya, rasanya ingin langsung menggendong dan memeluknya. Tapi, sebagai orang tua baru, mungkin masih banyak hal-hal yang belum terlalu dipahami dalam hal mengasuh anak. Salah satunya hal mendasar seperti menggendong bayi, atau hanya tahu bagaimana memasukkannya ke dalam a Graco FastAction Fold Click Connect stroller. Menggendong bayi itu perlu banget selain karena memang keinginan kita untuk menggendongnya, di sisi lain hal ini juga memberikan beberapa manfaat untuk si bayi. Pertama, gendongan orang tua akan memberikan perasaan yang mirip seperti di dalam rahim ibu, dimana si kecil merasa seperti terayun-ayun dan merasakan kehangatan. Kedua, menggendong adalah solusi terbaik saat si kecil menangis, baik ketika pertama kali lahir ataupun setiap saat ia menangis selama proses pertumbuhannya. Dengan menggendongnya tangisannya akan reda, karena ikatan perasaan yang kuat antara anak dengan orang tuanya yang akan memberikan rasa aman dan nyaman. Menggendong juga dapat menumbuhkan rasa kepercayaan, empati, dan afeksi si kecil. Menurut penelitian, dengan menggendong bayi yang baru lahir akan memberikan efek dimana pernapasan dan detak jantungnya menjadi lebih teratur. Kemudian, penelitian juga menyebutkan bahwa kegiatan ini bisa merangsang penambahan berat badan bayi, sehingga nantinya bayi dapat tumbuh dengan baik dan optimal. Lantas, bagaimanakah cara menggendong bayi baru lahir dengan benar? Berikut ini kami berikan tipsnya.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam cara menggendong bayi baru lahir dengan tepat :

  1. Senantiasa Hati-Hati dan Perlahan
    Ketika ingin mengangkat bayi, pastikan tubuh anda membungkuk sedekat mungkin dengan tubuh bayi. Jangan terlalu jauh agar si bayi dapat segera sampai ke pelukkan anda. Hal ini juga dimaksudkan agar si bayi tidak terkejut dan tetap merasa nyaman. Ingat, agar selalu hati-hati dan perlahan-lahan dan juga usahakan untuk tidak membuat kebisingan.
  2. Perhatikan Posisi Penopangan yang Baik
    Cara mengangkat bayi dengan benar adalah, letakkan satu tangan anda di area antara belakang kepala, leher, dan punggung atas, kemudian, satu tangan lainnya menopang bagian pantat si bayi. Kedua area inilah bagian yang masih belum kokoh pada bayi sehingga harus ditopang dengan baik dan benar. Pastikan ketika mengangkat, posisi kepala si bayi sejajar dengan anggota tubuh lainnya. Ketika posisi sudah tepat, maka angkatlah dengan keyakinan dan percaya diri. Berbeda dengan ketika memgangkat, ketika sudah digendong, posisikan bayi dengan kepala lebih tinggi daripada kakinya.
  3. Usahakan Peka Terhadap Reaksi si Kecil
    Ketika bayi tiba-tiba menangis ketika digendong, maka itu artinya posisi si bayi tidak nyaman. Usahakan tidak terlalu erat mendekapnya dan berikan perasaan sayang terbaik anda agar si kecil juga merasakannya.
  4. Jangan Lupa Mengayunkannya Perlahan
    Ini adalah salah satu cara untuk membuatnya nyaman. Seperti yang sudah disebutkan di poin di atas, bahwa mengayun bayi akan membuatnya merasa seperti di dalam rahim ibu. Anda juga bisa bersenandung kecil untuk sekedar mengekspresikan rasa sayang anda dan lihat respon si kecil. Waktu-waktu ini adalah salah satu waktu yang paling berharga dan penting dalam hubungan anak dengan orang tuanya. Selalu ingat utamakan kenyamanan si bayi dan hindari mengguncang-guncangnya atau menepuk-nepuknya, karena itu akan mengagetkannya, dan tentunya tidak baik untuknya.
  5. Ketika Ingin Menurunkan, Selalu Ingat Hal Ini.
    Posisikan badan anda seperti ketika mengangkat si bayi, yaitu dengan membungkukkan badan anda. Ketika sudah mencapai kasur atau alas bayi, lepaskan tagan yang menopang pantat bayi terlebih dahulu. Kemudian, secara perlahan, anda bisa melepaskan bagian yang menopang lehernya. Perhatikan posisi bayi agar diposisikan senyaman mungkin.

Pastikan cara-cara ini diketahui oleh Ayah maupun Bunda si kecil ya. Keduanya berhak mendapatkan kesempatan untuk menggendong si bayi, tidak hanya bagi ibu yang harus menyusui, Ayah juga berperan dalam membangun hubungan dan ikatan antara anak dengan orang tua. Komunikasi antar orang tua dalam mengasuh bayi juga sangat penting untuk sama-sama belajar mengasuh bersama dan saling melengkapi satu sama lain. Pelajari dengan baik dan seksama ya cara menggendong bayi baru lahir ini agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan si kecil dapat tumbuh secara optimal.