Menjaga Kesehatan Anak Usia Dini

Upaya yang dapat dilakukan dalam menjaga kesehatan anak usia dini di antaranya adalah melalui perilaku sehari-hari. Membiasakan anak untuk makan makanan yang bergizi serta mencuci tangan sebelum dan juga sesudah makan adalah beberapa kebiasaan sehat yang bisa diterapkan sejak dini. Kebiasaan baik ini juga akan menjauhkan anak dari penyakit yang mungkin menyerang mereka. Kebiasaan yang sudah ditanamkan sedari dini akan menjadi dasar dari pola hidup sang anak hingga ia dewasa nantinya. Kesehatan anak pada usia dini yang pertama dapat dicapai dengan mengonsumsi makanan bergizi. Asupan bergizi ini ini akan sangat baik untuk kesehatannya, dan dapat diberikan dalam bentuk menu utama atau camilan. Batasi anak jajan di luar rumah dan akan lebih baik apabila ibu membuatkan camilan sendiri.

Berikan pengertian juga pada anak bahwa jajan di luar tidak sehat. Menjaga kesehatan anak usia dini berikutnya adalah dengan mengurangi asupan gula tinggi. Anak-anak biasanya akan suka mengonsumsi makanan manis seperti permen, kue, cokelat dan lain-lain. Hal ini wajar karena dalam makanan manis terkandung endorfin yang akan membuat anak merasa senang sekaligus rileks. Namun, batasi juga konsumsi makanan manis ini. Terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi akan dapat membuat anak kegemukan dan bahkan kekurangan gizi. Konsumsi gula berlebih juga akan merusak kesehatan gigi. Jika anak menyukai makanan atau minuman manis, ibu bisa menggantinya dengan buah yang rasanya manis ataupun membuat camilan sendiri. Ini tentu akan lebih sehat daripada membeli jajan di luar.

Upaya dalam menjaga kesehatan anak usia dini berikutnya adalah dengan melakukan imunisasi sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Terutama adalah untuk imunisasi wajib seperti polio, tifoid, hepatitis A, influenza dan lain-lain. Lakukan sesuai jadwal yang ditetapkan. Pemberian imunisasi sekaligus akan membantu dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh anak melawan berbagai penyakit. Bawalah anak ke posyandu atau rumah sakit guna mendapat imunisasi sesuai jadwal. Beberapa imunisasi juga harus diulang atau diberikan lebih dari sekali dalam jangka waktu tertentu. Perhatikan jadwal imunisasi ini dan lakukan sesuai jadwal yang tertera. Demikian adalah beberapa cara yang dapat diterapkan guna menjaga kesehatan anak pada usia dini. Hal-hal di atas perlu untuk dilakukan demi kesehatan anak terutama dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Semoga uraian di atas dapat bermanfaat terutama untuk kita yang memiliki anak kecil di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *