Mengetahui Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan

Dahulu, jaminan sosial untuk para pekerja di Indoensia ditangani ole PT Jaminan Sosial tenaga Kerja atau biasa disingkat dengan jamsostek, namun berdasarkan mandat dari UU no 24 tahun 2011 maka jamsostek diganti menjadi BPJS ketenagakerjaan yang bertanggungjawab langsung ke presiden. Semua pekerja di Indoensia baik pekerja di sektor formal maupun pekerja di sektor non formal, wajib menjadi peserta BPJS ketenagakejaan. Bagi anda yang bertanya, apa perlunya menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan? maka jawabannya adalah menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan itu diperlukan karena BPJS ketenagakerjaan memiliki program-program perlindungan sadar yang bisa menjamin masa depan anda nantinya yang meliputi perlindungan dari ketidakpastian risiko sosial dan ekonomi yang bisa saja terjadi pada anda. Bagi anda pesereta BPJS ketenagakerjaan, anda harus mengetahui bahwa mulai 1 September 2015, terjadi perubahan kebijakan mengenai tata cara pencairan saldo JHT atau jaminan hari tua 10% dan 30%. Lalu bagaimana cara mencairkan BPJS ketenagakejaan terkait dengan kebijakan baru pemerintah ini? berikut adalah informasinya untuk anda.

Saat ini kebijakan baru pemerintah terkait dengan cara mencairkan BPJS ketenagakerjaan yaitu saldo JHT 10% dan 30% hanya berlaku bagi anda yang masih aktif bekerja di sebuah instansi atau sebuah perusahaan dengan syarat usia peserta BPJS ketenagakerjaan yaitu 10 tahun. Untuk pencairannya sendiri anda hanya bisa memilih salah satunya saja, yaitu antara 10% dan 30%. Untuk syarat-syarat yang harus anda penuhi adalah sebagai berikut, anda sebagai peserta BPJS ketenagakerjaan harus masih aktif bekerja di perushaaan tersebut selama 10 tahun.

Selain syarat di atas, ada juga syarat berupa dokumen-dokumen yang dibedakan menurut berapa besar persen yang anda cairkan. Berikut adalah informasinya.

Klaim Saldo JHT 10% dan 30%

  1. Fotocopy dan asli kartu BPJS ketenagakerjaan
  2. Fotocopy dan asli KK
  3. Fotocopy dan asli KTP
  4. Surat keterangan aktif bekerja
  5. Buku rekening tabungan
  6. Untuk klaim saldo JHT 30% dokumentambahan yang haus anda siapkan adalah dokumen perumahan.

Itulah beberapa cara mencairkan BPJS ketenagakerjaan terkait program klaim saldo JHT sesuai dengan kebijakan pemerintah yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *