Jangan Khawatir, Ini Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah

cara mengatasi kaki pecah pecah

Kaki anda sering mengalami pecah-pecah?. Mungkin, anda bingung juga mengingat mungkin aktivitas anda lebih sering di dalam ruangan atau rumah dan jarang terkena panas. Lalu, ketika keluar rumah juga selalu mengenakan alas kaki bahkan yang model tertutup seperti sepatu untuk melindungi kaki anda dari sinar matahari. Tetapi, ternyata penyebab kulit tumit anda bisa pecah-pecah ternyata bisa juga disebabkan karena tidak memakai alas kaki di dalam rumah. Karena persentuhan kaki anda dengan keramik rumah sebenarnya bisa menimbulkan panas. Kemudian, alas kaki ketika ke luar rumah juga mempengaruhi. Bila alas kaki terlalu sempit dan cenderung berbahan yang menyerap panas, maka, cenderung untuk ikut memanaskan kaki anda dibandingkan melindunginya. Perlu diketahui, bahwa kulit di telapak kaki maupun telapak tangan adalah kulit yang sangat tipis dan lebih sensitif dibanding kulit di bagian lain. Itulah mengapa warnanya berbeda. Tapi, jangan khawatir, bila anda merasa kulit kaki pecah-pecah ini bisa mengganggu penampilan anda. Kali ini kami akan berikan tips cara mengatasi kaki pecah-pecah yang bisa anda terapkan sendiri di rumah karena cukup efektif dan mudah dan membuat kulit anda lebih sehat.

  1. Gunakan pelembab atau lotion untuk kulit kaki anda. Beberapa orang biasanya memiliki kriteria khusus untuk memilih produk pelembab yang cocok. Oleh karenanya, anda harus pintar-pintar memilih pelembab disesuaikan dengan tipe kulit anda. Tetapi, khusus untuk masalah kulit telapak kaki kami menyarankan untuk menggunakan lotion untuk kulit sensitif agar lebih cepat terasa efeknya. Beberapa peneliti juga menyarankan memilih lotion yang mengandung petroleum jelly. Semuanya ada di pasaran dengan harga variatif.
  2. Cara mengatasi kaki pecah-pecah lainnya adalah dengan menggunakan Pisang. Pisang terkenal sebagai buah yang terkenal memiliki rasa yang unik dan khas, dan juga mengandung serat, vitamin B, potasium, dan vitamin lainnya yang bermanfaat bagi tubuh kita. Selain bermanfaat di dalam tubuh, pisang juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kaki pecah-pecah. Caranya adalah dengan menumbuk pisang yang sudah dilepas kulitnya, kemudian jadikan semacam scrub untuk anda oleskan secara merata ke telapak kaki anda. Biarkan demikian sampai anda merasa sudah cukup meresap dan kering mungkin sekitar 10-15 menit. Kemudian bisa anda bilas dengan air.
  3. Anda juga bisa menggunakan garam dengan campuran air lemon untuk menghilangkan masalah kaki pecah-pecah anda. Kandungan asam dan vitamin c pada lemon, telah terkenal lama sangat baik untuk kesehatan kulit. Lalu sifat anti bakteri dari garam juga akan membantu melindungi kaki anda dan menjadikannya tetap mulus.
  4. Tepung beras mudah didapat dan sering digunakan untuk memasak. Selain itu, anda juga bisa menggunakan tepung beras untuk mengobati kaki pecah-pecah. Cara yang sudah dibuktikan oleh banyak orang diantaranya dengan mencampurkan tepung beras dengan beberapa sendok air dan ditambah beberapa sendok madu. Tekstur keduanya yang lembab dan agak sedikit bertekstur khas bisa anda manfaatkan untuk masker kaki. Caranya sama seperti masker dari bahan alami lainnya, yaitu oleskan secara merata, kemudian diamkan beberapa saat, bila sudah kering kemudian bisa anda bilas.
  5. Bahan-bahan diatas sedang habis di rumah anda?. Males ke pasar?. Tenang, ada juga solusi lainnya dengan menggunakan persediaan minyak sayur di dapur anda. Minyak sayur mengandung lemak nabati,dan sifatnya yang lembab sangat cocok untuk melembabkan kult anda. Bila minyak sayur tak ada juga, anda juga bisa menggunakan minyak dari tumbuhan lain juga, seperti minyak kelapa atau minyak zaitun.

Nah, itu dia tips-tips dari kami yang dapat anda gunakan untuk mengatasi kaki pecah-pecah. Perlu diingat untuk penggunaan bahan alami, kunci keberhasilannya adalah pada ketelatenan anda untuk melakukan perawatan melalui metode yang anda pilih. Biasanya untuk kasus kaki pecah-pecah, anda bisa melakukan treatment dari salah satu yang di atas dalam kurun waktu 2-3 kali pemakaian. Selamat mencoba cara mengatasi kaki pecah-pecah di atas ya!