Cara Ampuh Atasi Alergi pada Kulit Bayi

Diketahui bahwa kulit bayi memang jauh lebih sensitif dari kulit orang dewasa. Oleh sebab itu, bayi membutuhkan perawatan lebih ekstra untuk dapat menghindari adanya alergi pada kulit bayi. Akan tetapi, meskipun kita telah merawat kulit bayi dengan baik dan benar terkadang masih ada saja masalah yang ada pada kulit si kecil. Contohnya saja yang paling sering terjadi adalah munculnya ruam popok pada bayi yang menjadi pertanda bahwa kulit bayi tersebut sedang mengalami alergi. Tak usah panik dan jangan buru – buru langsung membawanya ke dokter anak karena masalah yang terjadi pada kulit bayi tersebut sudah umum terjadi dan dapat diredakan menggunakan perawatan khusus.

Lalu bagaimana cara merawat kulit bayi yang sudah terlanjur terkena ruam popok, alergi, maupun penyakit kulit lainnya? Pada dasarnya kulit pada bayi dan anak ini dapat timbul karena cara memandikannya yang kurang tepat sehingga muncul alergi pada kulit bayi. Nah, berikut ini ada beberapa cara memandikan si kecil agar terhindar dari masalah kulit yangada. Cara yang dimaksud adalah dengan memandikan bayi menggunakan air hangat suam-suam kuku yang tak terlalu dingin serta tak terlalu panas. Apabila bayi sudah aktif bergerak maka Anda dapat memandikannya lebih sering yakni tiga kali sehari di pagi, siang, dan sore hari. Untuk makanan, air seni, tinja, maupun kotoran lainnya yang ada di kulit bayi harus segera dibersihkan menggunakan lap yang telah dibasahi dengan air. Gunakan lah sabun yang tepat dengan pH seimbang yakni 4,5 – 5.

Ruam popok dan alergi pada kulit bayi ini memang sudah sering dialami oleh hampir sebagian besar bayi sehingga Anda tak perlu cemas. Salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan memilih popok bayi yang tepat dan cocok untuk kulit si kecil. Dengan menggunakan popok yang berkualitas tinggi maka bayi pun akan merasa nyaman menggunakannya dan bisa menghindarkannya dari ruam popok. Pilihlah popok yang bertekstur lembut dan memiliki daya serap tinggi karena dengan begitu popok dapat menyerap cairan dengan baik dan pertumbuhan bakteri pun dapat diminimalisir. Apabila bayi sedang buang air kecil atau besar maka segera ganti popok tersebut dengan yang baik serta jangan biarkan kotoran tersebut menempel pada kulit bayi karena bisa menyebabkan timbulnya ruam popok. Jika ruam popok tak kunjung reda maka bisa berkonsultasi dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *