Benarkah Memilih Ban Tubeless Lebih Baik?

Banyak diantara pemiliki sepeda motor yang keliru dan salah paham mengartikan Ban Tubeless. Mereka rela langsung mengerluarkan uang untuk mengganti ban motor mereka jika motor mereka tidak berjenis tubeless dari pabrikan. Apakah benar yang mereka lakukan ini? Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai jenis ban yan sering diartikan hanya ban anti bocor ini. Jadi anda dapat mempertimbangkan apakah akan menggunakan ban biasa atau tidak.

Pengendara motor yang awam masih banyak yang keliru menafsirkan bahwa ban tubeless lebih baik. Padahal, baik atau tidak baiknya tergantung dari penggunaan motor tersebut. Tidak selamanya lebih bagus, jika pemakaiannya seenaknya sendiri justru malah bisa merugikan. Ban dengan jenis tubeless memiliki bahan yang keras dibanding ban biasa. Ban ini lebih cocok digunakan di kota yang memiliki kondisi jalan yang mulus. Untuk bermanuver dan menikung, memang ban ini lebih menggigit. Tetapi anda jangan memaksakan, ban jenis ini cocok untuk velg racing. Walau ada jalan keluar untuk bisa dipasang di velg ruji, tetapi hal ini bisa disebut memaksakan.

Dari segi keawetan, ban biasa ternyata memiliki durasi yang lebih lama. Ban biasa mampu bertahan hingga 2 tahun lebih, sedangkan ban tubeless durasi waktu pemakaiannya lebih pendek, hanya sekitar 1,5 tahun. Pemahaman akan anti bocor sebenarnya juga salah. Ban ini bisa dibilang hanya tahan bocor. Jika terkena paku, segeralah mencabut dan menambalnya. Jika tidak, maka akan merusak steel belt ban tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *