Atur Pola Hidup Untuk Cegah Gejala Bronkitis

Bronkitis merupakan penyakit yang tidak bisa dianggap remah, oleh karena itu penting bagi kita untuk memahami Gejala Bronkitis. Dilihat dari namanya terlihat bahwa penyakit bronkitis ini menyerang saluran bronkus yang menuju paru paru. Saluran bronkus yang tidak sehat akan menghasilkan banyak lendir yang dikenal dengan sebutan dahak. Dahak ini dapat menyebabkan saluran bronkus mengalami peradangan sehingga akan menyumbat aliran keluar masuknya udara sebagai proses pernafasan. Bronkitis ini bisa menyerang siapapun baik itu anak anak, remaja, maupun dewasa.

Gejala Bronkitis ini bisa terjadi pada seseorang karena adanya beberapa penyebab. Penyebab dari bronkitis ini biasanya datang dari beberapa hal. Pertama, akibat bakteri. Bakteri yang terdapat pada udara kotor terutama, merupakan potensi besar penyebab bronkitis. Kedua, Polusi Udara. Polusi udara ini bisa berasal dari uap kimiawi ataupun udara yang teriritasi dengan asap roko, asap kendaraan bermotor, debu, dan lain lain. Udara yang tidak bersih akan menimbulkan saluran bronkus dan paru paru menjadi tidak bersih sehingga saluran paru paru akan mengalami iritasi. Ketiga, kebiasaan buruk. Kebiasaan buruk seperti tidak mencuci tangan atau tidak menggunakan masker juga bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Tangan yang tidak bersih juga dapat mengantarkan bakteri masuk ke dalam saluran bronkus terutama saat tangan menutup muka. Tidak menggunakan masker saat bepergian melewati udara yang tidak bersih bisa langsung membuat udara masuk tanpa perlindungan. Lalu gejala gejala yang timbul saat menderita sakit bronkitis ada beberapa seperti mengalami batuk, demam ringan, rasa tidak nyaman pada dada seperti sesak nafas, rasa lelah terus menerus, dan hidung tersumbat.

Setelah mengetahui Gejala Bronkitis dan penyebabnya, maka saatnya bagi Anda untuk mengatur pola hidup untuk mencegah bronkitis datang. Cara pencegahan yang paling mudah dilakukan adalah dengan mencuci tangan dengan sabun. Hal kecil ini paling sulit untuk dibiasakan siapapun baik anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa. Padahal banyak bakteri yang bersarang di tangan apalagi setelah tangan beraktivitas banyak. Merutinkan mencuci tangan sebelum makan, setelah makan, dan setelah ke kamar mandi dapat mengurangi bakteri yang menyebabkan infeksi saluran bronkus. Tak perlu khawatir untuk bisa mendapatkan sabun terbaik untuk Anda karena kini telah hadir sabun yang diproduksi khusus untuk membersihkan tangan Anda dari bakteri. Cara lainnya adalah dengan menghindari asap rokok, hindari mereka yang sakit flu, gunakan masker, biasakan minum air dengan cukup, dan lakukan olahraga rutin untuk menjaga daya tahan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *